Sebagian Besar dikarenakan
Habisnya Masa Kerjasama!
Habisnya Masa Kerjasama!
Jakarta, dobeldobel.com
Melewati Tebet di sepanjang Jalan Cassablanca menuju Terminal Kampung Melayu, saya kendarai motor secara perlahan karena saya hendak mencermati ada berapa banyak rumah makan baru baik yang mulai dari kaki lima, sederhana sampai yang berkapasitas menerima tamu ratusan orang.
Pilihan saya jatuh pada Ayam Bakar Wong Solo, milik Puspo Wardoyo, yang tepat di depan Pom Bensin Tebet sebrang Stasiun Kereta Api Tebet. Mengapa ini jadi pilihan saya? Perlu anda ketahui, Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo sebagai slah satu Usaha Kuliner bernuansa Islami dn terkenal dengan tokohnya yang berani memposisikan dirinya sebagai tokoh pendukung poligami di Indonesia yang pertama kali secara terbuka alias terang-terangan.
Di satu sisi sang pemilik, Puspo Wardoyo menjalankan syariat agama dengan menyebarkan sunah poligami di lain sisi ia begitu berhasil dan sukses besar sebagai pengusaha rumah makan dengan merk yang begitu populer dan fenomenal. Apalagi dia juga mengembangkan usaha dengan sistem waralaba maupun bagi hasil.
Berikut hasil wawancara dengan sang manajer cabang RM Ayam Bakar Wong Solo, yang telah bekerja 7 tahun dimulai sebagai karyawan terendah hingga dipercaya oleh manajemen untuk menjabat posisi penting tersebut.
Menurut Hendro, sang manajer, masalah ditutupnya beberapa outlet RM Ayam Bakar Wong Solo dikarenakan banyak hal. Tapi yang utama adalah karena telah habis masa kerja samanya, kemudian tidak ada lagi kelanjutan kerjasama karena satu dan lain hal.
Demikian pula untuk wilayah di sekitar Cassablanca, cabang Tebet termasuk cabang yang paling sibuk dan ramai. Pasalnya lokasi RM Ayam Bakar Wong Solo Cabang Tebet melayani permintaan pelanggan kantoran untuk area segitiga emas. Area perkantoran sepanjang Cassablanca dan segitiga emas kota Jakarta ini memang merupakan area perkantoran terpadat. Jadi otomatis permintaan pesanan makanan (catering) dengan deliveri ke kantor melonjak tinggi.
Mengantisipasi hal tersebut, Hendro mengungkapkan bahwa manajemen memutuskan untuk meningkatkan paket sistem deliveri. Adapun paket pemesanan diberikan dalam beberapa jenis. Sekalipun ada paket yang paling tinggi permintaannya, manajemen menetapkan tetap menyediakan paket lainnya untuk kesediaan buat tamu yang Dine In.
Kelanakuliner.com juga sempat bertanya pada seorang pengunjung yang cukup sering makan bersama keluarga ke RM Ayam Bakar Wong Solo. Sesekali kelanakuliner.com mendengar bisik-bisik pengunjung lainnya yang mengatakan "Paling yang ditanya tentang poligaminya...!". Dan saya tersenyum saja tanpa berusaha seolah tidak memberi perhatian sama sekali.
Sang pengunjung yang beserta istrinya dan anaknya mengatakan bahwa ia lebih menyukai Dine In daripada sistem kiriman paket. Karena biasanya setelah ada jeda (delay) waktu antara panas dari tungku masak dan tiba di rumah maka biasanya makanan akan menjadi dingin. Hal inilah yang terkadang mengurangi kenikmatannya, karena bukan saja makanan sudah mendingin, tapi kemungkinan lain yang tak terduga bisa terjadi saat pengiriman, demikian ujarnya tersenyum.
Biarpun begitu, Khoiri termasuk salah satu pelanggan yang sangat sering datang ke RM Ayama Bakar Wong Solo ini. Di lain meja kelanakuliner.com juga melihat sebuah keluarga yang mempunyai banyak anak kecil untuk diajak makan. RM Ayam Bakar Wong Solo memang sangat identik dengan restoran untuk keluarga.
Masalah medu pilihan utama para pelanggan, jelas manajer cabang Tebet, masih pada Ayam Bakar dan Paket Nasi Timbel dan Ayam Penyet dan beberapa menu paket favorit lainnya.
Buat anda yang tertarik untuk membuka waralaba atau kerjasama, maka berikut ini profil usaha dan rincian perhitungan investasi yang diambil dari sumber website waralaba RM Ayam Bakar Wong Solo sendiri. (http://www.smfranchise.com/franchisor/wongsolo.html)
--------------------------------------------------------------------------------------
DELIVERY ORDER: 021.828.2058/999.16.4320
Outlet Cassablanca
Jl. Lapangan Roos No.29 Cassablanca
Tebet, Jakarta Selatan
Phone: (021) 828.2058
Fax.: (021) 828.2058
Food Court Mall Ambassador
Food Court 1 Lt.4 Mall Ambassador
Jakarta Selatan
Phone: (021) 576.2412
Food Court Menara Kuningan
Menara Kuningan LG Level L-2
Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-7 Kav.5
Jakarta Selatan
Phone (021) 9916.4320
------------------------------------------------------------------------------------------
Daftar Harga Pesanan Delivery
AYAM & IKAN
Ayam Bakar/Goreng per potong...........................Rp. 11.000,-
Ayam Bakar/Goreng separuh................................Rp. 23.000,-
Ayam Bakar/Goreng Utuh.....................................Rp. 45.000,-
Ayam Penyet per potong........................................Rp. 13.500,-
Bebek Goreng...........................................................Rp. 15.000,-
Gurame Bakar/Goreng per Ons............................Rp. 9.000,-
Gurame Asam Manis/Tiram/Tauco per Ons......Rp. 10.000,-
Fillet Asam Manis/Tiram/Tauco..........................Rp. 21.000,-
Cumi Goreng Tepung/Mentega............................Rp. 27.000,-
Udang Goreng Tepung/Mentega..........................Rp. 27.000,-
Cumi Asam Manis/Tiram/Tauco..........................Rp. 27.000,-
Udang Asam Manis/Tiram/Tauco........................Rp. 27.000,-
Balado Cumi..............................................................Rp. 27.000,-
Balado Udang + Pete...............................................Rp. 27.000,-
SAMBAL & SAYURAN
Tumis Kangkung......................................................Rp. 10.500,-
Tumis Tauge.............................................................Rp. 15.000,-
Tumis Genjer............................................................Rp. 10.500,-
Cah Brokoli................................................................Rp. 17.500,-
Cah Poligami.............................................................Rp. 17.500,-
Cap Cay.....................................................................Rp. 17.500,-
Rica Ayam.................................................................Rp. 20.000,-
Oseng Tempe...........................................................Rp. 13.000,-
Urab/Trancam.........................................................Rp. 13.500,-
Sop Sea Food/Ayam................................................Rp. 15.000,-
Sop Tom Yam...........................................................Rp. 17.500,-
Balado Terong...........................................................Rp. 12.500,-
Balado Pete................................................................Rp. 15.000,-
Sambal Teri...............................................................Rp. 14.000,-
Balado Wong Solo.....................................................Rp. 14.500,-
Sambal Penyet..........................................................Rp. 3.000,-
Sambal Dadak............................................................Rp. 5.000,-
Pecel Sayur................................................................Rp. 9.000,-
Lalap Sambal..............................................................Rp. 3.500,-
LAUK
Tahu Goreng (4 pcs)..................................................Rp. 9.500,-
Tempe Goreng ( 4 pcs)..............................................Rp. 9.500,-
Tahu Penyet (4 pcs)...................................................Rp. 10.500,-
Tempe Penyet (4 pcs)................................................Rp. 10.500,-
Pete Goreng.................................................................Rp. 10.000,-
Emping..........................................................................Rp. 4.500,-
Kerupuk Udang...........................................................Rp. 3.500,-
NASI
Nasi Putih (1 orang)....................................................Rp. 4.500,-
Nasi Bakul (3 orang)....................................................Rp. 15.000,-
Nasi Bakul (4 orang)....................................................Rp. 24.500,-
Nasi Goreng Biasa........................................................Rp. 12.000,-
Nasi Goreng Ayam.......................................................Rp. 17.500,-
Nasi Goreng Sea Food.................................................Rp. 17.500,-
Nasi Foreng Pete.........................................................Rp. 17.500,-
ANEKA JUICE
Juice Poligami...............................................................Rp. 9.500,-
Juice Special Wong Solo...............................................Rp. 9.500,-
Juice Alpukat................................................................Rp. 8.500,-
Juice Jeruk....................................................................Rp. 8.000,-
Juice Belimbing.............................................................Rp. 8.000,-
Juice Mangga................................................................Rp. 8.000,-
Juice Semangka............................................................Rp. 8.000,-
Juice Melon...................................................................Rp. 8.000,-
Juice Pepaya.................................................................Rp. 8.000,-
Juice Sirsak...................................................................Rp. 8.000,-
Juice Tomat..................................................................Rp. 8.000,-
MENU PAKET
Paket Ayam Bakar/Goreng........................................Rp. 18.000,-
Paket Ayam Penyet.....................................................Rp. 18.000,-
Paket Pecel Lele...........................................................Rp. 14.5000,-
Paket Bebek Penyet/Goreng.....................................Rp. 20.000,-
Paket Nasi Pecel...........................................................Rp. 20.000,-
Paket Nasi Uduk...........................................................Rp. 20.000,-
PAKET TUMPENG
Nasi Kuning, Ayam Bakar/Goreng
Telur Dadar/Telur Puyuh
Cumi/Udang Goreng Tepung
Oseng Tempe/Sambal Goreng Ati
Urab, Perkedel Kentang.............................................Rp. 400.000,-
MENU NASI KOTAK
Naskot Standar A
Nasi Ayam Bakar/Goreng,
*Sayur, Tahu Tempe,Lalap & Sambal.......................Rp. 16.500,-
Naskot Standar B
Nasi Ayam Bakar/Goreng,
*Sayur, Tahu Tempe, Lalap & Sambal & Buah.........Rp. 17.500,-
Naskot Medium
Nasi Ayam Bakar/Goreng,
*Sayur, Tahu Tempe,
Udang Asam Manis/Cumi Saus Tiram,
Lalap & Sambal, Buah & Krupuk..................................Rp. 22.500,-
Naskot Istimewa
Nasi Ayam Bakar/Goreng,
*Sayur, Tahu Tempe,
Gurame Asam Manis,
Lalap & Sambal, Buah.....................................................Rp. 25.500,-
Naskot Istimewa Plus
Nasi Ayam Bakar/Goreng,
*Sayur, Tahu Tempe,
Gurame Asam Manis,
Lalap & Sambal, Buah & Kerupuk.................................Rp. 26.500,-
TAMBAHAN NASI KOTAK
*Sayur (Cap Cay, Balado Terong, Trancam)................Rp. 2.000,-
*Sambal Penyet................................................................Rp. 1.000,-
* Buah (Melon, Semangka, Jeruk, Pisang)...................Rp. 1.000,-
* Aqua Gelas/Vit Gelas...................................................Rp. 1.000,-
* Ayam ganti Ikan............................................................Rp. 2.500,-
------------------------------------------------------------------------
Diskon Sumbangan/Jamuan untuk Anak Yatim Piatu
Free Wedding Space, Birthday & Meeting
Also Available for Buffet & catering Service
Credit Card payment Available
Free Large parking Area
Free Wedding Space, Birthday & Meeting
Also Available for Buffet & catering Service
Credit Card payment Available
Free Large parking Area
--------------------------------------------------------------------------------------
Ayam Bakar Wong Solo
Franchisor : RM Wong Solo
Bidang Usaha : Restaurant
Tahun Berdiri : 1991
Mulai Waralaba : 2002
Jumlah Cabang : 30 outlet
Franchise Fee : Wong Solo menawarkan paket Franchise selama 10 tahun
(hak waralaba) dengan paket-paket sebagai berikut:
1. Paket A 1.000.000.000 dengan kapasitas 200 seats
2. Paket B 800.000.000 dengan kapasitas 150 seats
3. Paket C 600.000.000 dengan kapasitas 125 seats
4. Paket D 400.000.000 dengan kapasitas sekitar 80 seats
5. Paket E 50.000.000 (kaki lima)
Opening Fee : -
Royalty : 6% dari penjualan
Investasi Awal : +/- 50 juta - 1 milyar rupiah (franchise fee, bangunan, peralatan)
Persyaratan lain : Lokasi strategis
Kontak Person : Bp. Puspo Wardoyo
Alamat : JL SMA 2 Padang Golf Polonia Medan
Telephone : 061-7879061
Fax : 061-7877942
Website : www.wongsolo.com
E-mail : wongsolo@indosat.net.id
Merek Lain : Steak KQ5
Catatan:
SMfranchise.com, pengarang maupun editornya, dengan ini menyatakan melepas
segala tanggungjawab terhadap siapapun juga atas segala hal dan atas segala akibat
yang dihasilkan karena dilakukannya atau pun tidak dilakukannya tindakan-tindakan oleh
siapapun juga, baik secara sebagian maupun secara keseluruhan, dalam mengikuti
segala atau sebagian petunjuk dan informasi yang berada di situs ini.
Dan anda ingin mengetahui lebih jauh tentang Ayam bakar Wong Solo, klik di sini
--------------------------------------------------------------------------------------
Profil:
Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Food Business Bernuansa Islam
Menapaki perjalanan usaha usaha Rumah Makan sejak didirikan tahun 1991, hingga sekarang membuat kami semakin yakin betapa sayangya Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya.
Agama telah memberi petunjuk kepada kami bahwa bekerja bersungguh-sungguh merupakan aktifitas yang sangat mulia di sisi Allah. Dari agama pula kami tahu bahwa jihad bukan hanya berkonotasi berperang (mengangkat senjata) mempertahankan agama Allah. Bekerja dan berusaha bersungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas hidup, adalah bagian dari makna jihad itu sendiri.
Keyakinan itu mendorong kami menjalankan usaha Rumah Makan Wong Solo bernuansa Islam, menetapkan landasan filosofinya Al-Qur'an surat Ash-Shaff 10-11, dengan motto " Ayam Bakar Wong Solo halalan Tayyiban".
Rumah Makan Wong Solo sendiri pertama berdiri tahun 1991 di Medan dengan hanya bermodalkan uang Rp 2.500.000,-. Namun dengan kesungguhan dalam menjalankan usaha serta berpijak pada nilai-nilai keislaman R.M. Wong Solo saat ini telah berkembang menjadi 16 outlet. Cabang-cabang tersebut antara lain adalah Medan, Banda Aceh, PAdang, Solo, Bali, Pekanbaru, Surabaya, Semarang, Malang, Yogyalarta, Kebon Jeruk, Kalimalang, Bintaro, muntilan dan segera dibuka Cibubur, Bogor dan Bandung
Disamping sistem Total Service, Ayam Bakar Wong solo telah memiliki standarisasi bumbu, hingga kesamaan rasa di antara outlet bisa terjaga mutunya. Maka Ayam Bakar Wong Solo dapat dimiliki oleh setiap orang dengan sistem waralaba (franchise) yang syarat-syaratnya telah ditetapkan oleh sistem manajemen Ayam Bakar Wong Solo. Ditargetkan tahun 2005 gerai ayam bakar Wong Solo telah ada di kota-kota propinsi di seluruh Indonesia, dan negara-negara ASEAN pada tahap selanjutnya. Usaha tersebut tidak terlepas dari dukungan penuh dari PT. Sarana Sumut Ventura baik material maupun manajemen.
Ayam Bakar Wong Solo adalah rumah makan, artinya Ayam Bakar Wong Solo adalah tempat makan dan minum. Pelanggan juga dapat membuat variasi sendiri menu-menu baik lauk, sayur maupun minuman yang ada. Variasi atau silang tersebut antara lain Ayam Bakar/goreng. Aneka Ikan Bakar/goreng, Sate Udang, Sate Cumi, Sate Ayam, Sate Kambing, Ikan Goreng Tepung, Aneka sayur, Aneka balado/sambal, bahkan Chinese Food seperti saos tomat, saos tauco, saos tiram, steam (kukus), asam manis, cah kailan/brokoli menambah aneka rasa. Dengan variasi tersebut pelanggan justru akan lebih kerasan menikmati hidangan yang disajikan oleh Ayam Bakar Wong Solo.
Pelanggan dapat hadir setiap hari dalam satu bulan tanpa harus mengulang menu yang pernah dinikmatinya. Lebih kurang lima puluh (50) menu Ayam Bakar Wong Solo tersebut memiliki cita rasa yang khas, artinya, walaupun nama menu-menu Ayam Bakar Wong Solo diambil dari menu-menu populer yang sudah ada sebelumnya, akan tetapi cita rasanya pasti akan beda. Perbedaan itu justru membuat + 50 menu tersebut bukan hanya sebagai pendamping dari menu Ayam Bakar, tetapi juga menjadi menu yang menjadi idola dari masing-masing pelanggan.
Naluri memasak yang kami miliki sejak kecil, dikarenakan kami tumbuh di lingkungan keluarga yang memiliki usaha rumah makan dimana usaha tersebut merupakan usaha turun temurun. Bermodalkan naluri tersebut kami merancang sendiri menu-menunya dan bukan belajar dari buku, juru masak atau orang lain. Disamping itu, nilai lebih Ayam Bakar Wong Solo adalah Halalan Thayyiban, halal artinya produk-produk yang disajikan berasal dari bahan-bahan yang adalah halal dan diproses dengan memperhatikan khukum-hukum Allah. Thayyiban (baik) artinya menu-menu yang disajikan berasal dari bahan-bahan yang segar (fresh) dan memiliki nilai gizi yang tinggi, disamping itu Zakat 2,5% dari hasil usaha digunakan untuk hal-hal kemaslahatan.
----------------------------------------------------------------------------
Dimana saja anda bisa menjumpai Ayama Bakar Wong Solo?
Ayam Bakar Wong Solo telah membuka cabang di beberapa kota besar di Indonesia
1 | R.M. Wong Solo Polonia, Medan Jl SMA 2 Padang Golf Polonia Telp. 061-4565496 |
2 | R.M. Wong Solo cabang Gajah Mada, Medan, Jl Gajah Mada No. 22 Telp. 061-4146820 |
3 | R.M. Wong Solo cab.Banda Aceh Tutup Sementara |
4 | R.M. Wong Solo cab.Krakatau Medan Jl G. Krakatau No 22 A telp. 061-6364523 |
5 | R.M. Wong Solo cab. Padang Jl. A. Yani No. 41 Telp. 0751-33706 |
6 | R.M. Wong Solo cab. Solo Jl. Slamet Riyadi No. 299 Telp. 0271-713931 |
7 | R.M. Wong Solo cab. Bali Jl. Merdeka No. 18 Telp. 0361-231191 |
8 | R.M. Wong Solo cab. Pekanbaru Jl. Ahmad Yani No. 112 Telp. 0761-22528 |
9 | R.M. Wong Solo cab. Surabaya Jl. Mayjend Sungkowo No. 158 Telp. 031-5634350 |
10 | RM. Wong Solo cab. Semarang Jl. Gajah Mada No.146 Telp.024-3560002 |
11 | RM Wong Solo cab. Malang Jl. Tengger No. 2 Telp. 0341-325326 |
12 | RM Wong Solo cab.Magelang Jl. Kawedanan No. 15 Muntilan Telp. 0293-586369 |
13 | RM Wong Solo cab. Yogyakarta Jl. Monjali No. 103 C telp. 0274-625412 |
14 | RM Wong Solo cab. Kebon Jeruk, Jakarta Jl. Meruya Hilir No. 36 Telp. 021-9235035 |
15 | RM Wong Solo cab. Kalimalang Jl. Raya Kalimalang Blok A2 No. 8/9 Pondok Kelapa Jakarta Timur Telp. 021-86902830 |
16 | RM Wong Solo cab. Bintaro Kompleks Bintaro Jaya Sektor VII (depan Bintaro Trade Centre) Telp. 021-9166771 |
17 | RM Wong Solo Cab. Cibubur Jl. Cibubur - Cileungsi Km 1, Cibubur Telp. (021) 8452368 |
18 | RM Wong Solo cab. Bandung Jl. Ir. H. Juanda No. 167 Bandung, Jawa Barat . telp. (022) 2351959 |
19 | RM. Wong Solo cab. R.S. Fatmawati R.S. Fatmawati No. 38 Cipete, Jakarta Selatan. telp. (021) 7512336 |
20 | RM. Wong Solo Pondok Gede Raya Pondok Gede No. 5 Pinang Ranti, Jakarta Timur Telp. (021) 87780517 |
21 | RM. Wong Solo cab. Taman Semanggi Kawasan Niaga Sudirman Kafe Taman Semanggu, Jakarta Selatan. telp (021) 52897586 |
22 | RM. Wong Solo cab. Magelang Jl. Kawedanan No. 15 Telp. (0293) 586369 |
23 | RM. Wong Solo cab. Bogor Jl. Pajajaran No. 57 Bogor |
24 | RM. Wong Solo cab. Kedoya Jl. raya Panjang Komplek Sun Rise Garden Blok W No. 8 Kedoya |
25 | RM. Wong Solo cab. Pluit Jakarta Utara Jl. Pluit Putra Raya No. 16 Jakarta Utara |
26 | RM. Wong Solo cab. Rawa Mangun Jl. Pemuda No. 18 Rawa Mangun |
27 | RM. Wong Solo cab. Tebet Jl.Lapangan Roos No. 29 tebet Casablanca |
28 | RM. Wong Solo cab. Ungaran Jl. Gatot Subroto No. 586 Telp (024) 6921851 |
29 | RM. Wong Solo Depok Jl. Margonda Raya 322-7 Telp. (021) 7863303 |
30 | RM. Wong Solo cabang Pacenongan Jl. Samanhudi no. 57 Telp. (021) 3800448 |
Wong Solo sukses Dengan Nuansa Islam
BalasHapusTerkadang bisa muncul perasaan ketakutan pada seseorang saat melangkah, jika langkah yang diambilnya dipandang berbeda dengan cara-cara konvensional di tengah masyarakat. Hal itulah yang pertama kali dirasakan oleh pemilik Wong Solo saat pertama kali mengambil keputusan untuk mengelola rumah makan Wong Solo dengan nuansa Islam.
Wong Solo berusaha menepis anggapan masyarakat kalau kita mengidentifikasi dengan sesuatu yang dianggap cenderung eksklusif. Seperti rumah makan dengan label nuansa Islam, asumsi masyarakat dengan menganggap bahwa rumah makan ini hanya untuk orang Islam. Tetapi Wong Solo mengembangkan cara beragama yang inklusif memberi pelayanan kepada konsumen dari semua segmen masyarakat lintas suku, agama, ras dan golongan, sehingga dalam kenyataaanya di berbabagai outlet pengunjung yang terbanyak adalah etnis Tionghoa.
Pada setiap outlet diusahakan agar suasana islami nampak terasa dengan jelas. Ini bisa dilihat pada kenyataan misalnya :
" Semua karyawati memakai jilbab;
" Kuliah agama tujuh menit (Kultum) dilakukan untuk karyawan dan karyawati sebelum memulai pekerjaannya, dengan menegaskan nilai-nilai yang terkandung dalam hadits-hadits pendek;
" Pengajian dengan metode diskusi bagi para staf/pimpinan yang dilaksanakan secara reguler;
" Setiap menejer harus lancar membaca Al-qur'an dan mampu menjadi khatib Jum'at.
" Wong Solo juga membersihkan hasil usahanya dengan mengeluarkan zakat 10 % melalui amil zakat Wong Solo.
Oleh karenanya landasan filosifi proses perjalan usaha Wong Solo adalah Al-Qur'ánul KarÃm, khususnya surat As-Sháf : 10-11: " Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih ?, ( yaitu) : Kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui."
Wong Solo Sukses dengan Konsep Islaminya
Untuk meningkatkan pengetahuan dan pendalaman agama bagi para staf, dan untuk menjaga agar proses perjalanan usaha Wong Solo dapat menetapi nilai-nilai ajaran Islam, ditetapkan seorang manajer spiritual Islam yaitu Prof.Dr. Syahrin Harahap, MA Guru Besar IAIN Sumatera Utara.
Manajemen SDM
BalasHapusManagemen pengelola Sumber Daya Manusia di Ayam Bakar Wong Solo tidak terlepas dari proses recruitmen karyawannya. Sistem recruitment yang diterapkan di Ayam Bakar Wong Solo selama ini dilakukan dengan melalui dua cara yakni :
Sumber Intern (dari Orang dalam perusahaan sendiri). Dari dalam perusahaan melalui realokasi SDM yang ada baik berupa tour of duty (alih tugas) atau tour of area (alih tempat kerja). Sasarannya agar perusahaan dapat menempatkan orang yang tepat pada tempat yang tepat (the right man on the right place). Kedua, sumber ekstern (dari luar perusahaan) yaitu dengan cara perekrutan biasa, dengan melalui beberapa proses yang telah ditentukan.
a. Rekrutmen
Dalam perekrutan karyawan/karyawati selain menekankan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademik, akhlak juga menjadi pertimbangan utama. Wong Solo yakin bahwa pekerjaan yang baik apabila dikerjakan oleh karyawan yang baik akan memberikan hasil yang baik pula.
b. Training
Pelatihan/training Ayam Bakar Wong Solo bertujuan agar karyawan mampu melaksanakan tugas yang dipercayakan kepadanya. Yang dimaksud dengan training pra tugas yang ada di Wong Solo adalah 1). pelatihan yang dilaksanakan bagi karyawan yang sudah diangkat menjadi karyawan dan 2). pelatihan yang dilaksanakan bagi para calon karyawan yang telah lulus dalam seleksi perekrutan sebelum diangkat menjadi karyawan.
Ada 3 tingkatan pelatihan pra tugas yang ada di rumah makan Wong Solo, yaitu Pertama, pelatihan tingkat pertama, pelatihan ini ditujukan bagi karyawan yang menangani pekerjaan yang bersifat praktis. Kedua, pelatihan tingkat kedua, pelatihan ini ditujukan bagi mereka yang dipersiapkan untuk menduduki jabatan staff (kabag) yang bersifat teknis. Yang ketiga, pelatihan tingkat tiga, yaitu pelatihan yang ditujukan untuk mempersiapkan karyawan yang akan menduduki jabatan sebagai pimpinan tingkat menengah untuk calon manager, bersifat human skill. Aspek yang diberikan dalam pelatihan dasar antara lain : Pengetahuan, pembekalan yang cenderung berhubungan dengan sikap/pembentukan perilaku.
Budaya Kerja
Budaya kerja muncul dari karakteristik karyawan/karyawati Wong Solo. Ada enam kharakteristik yang membentuk budaya kerja Karyawan dan Karyawati Wong Solo. Keenam hal tersebut adalah : Pertama : Selalu proaktif, kreatif, dan berinisiatif sehingga terasa kehadirannya ditengah-tengah rekan kerjanya. Kedua, Memulai usaha dengan akhir dalam pikiran bahwa segala sesuatu yang dikerjakan adalah Lillahita'ala dengan tujuan mencari ridho Allah. Ketiga, Selalu mengutamakan yang paling utama. Keempat, Selalu berfikir menang-menang/positif thinking. Kelima, Selalu mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan diri sendiri, meskipun kepentingan diri sendiri itu penting, namun ia dipenuhi dengan melakukan kerjasama. Keenam, Selalu meningkatkan kualitas diri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.
PENGEMBANGAN USAHA (INTERN)
BalasHapusKebesaran nama RM Wong Solo, tidak membuat kami untuk berpuas diri, akan tetapi justru memacu kami untuk terus mengembangkan sistem yang sudah ada, manajemen, keuangan, Informasi dan sistem-sistem yang lain. Kami terus melakukan uji coba - uji coba untuk mendapatkan format yang standar dengan kualitas yang handal sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik.
Tekad kami untuk menjadi pemimpin pasar khusunya di bisnis makanan (restoran tradisional) sangatlah kuat. Dan semampu mungkin untuk membawa makanan tradisional Indonesia untuk go internasional. Kami kadang-kadang bersedih mengapa negeri yang kaya akan budaya ini ( termasuk makanan) dibanjiri oleh waralaba asing yang jumlahnya sudah sulit dihitung dengan jari. Memang sekarang adalah era globalisasi di mana setiap produk dari manapun asalnya, kalau sudah diterima oleh pasar global, maka tidak akan terbendung oleh siapapun dan dimanapun.
Dalam bidang teknologi informasi di tahun 2001 ini kami mulai merintis untuk membuat homepage dengan nama www.wongsolo.com dan www.wongsolo.co.id (sudah diregristrasi). Web Site yang kami bikin tersebut bukan latah atau asal ikut-ikutan saja, akan tetapi untuk mulai mengenalkan brand wong solo di pasar global. Di samping itu juga dipakai untuk komunikasi antar cabang yang ada. Dengan teknologi internet ini diharapkan akan ada penghematan yang cukup signifikan khususnya biasa komunikasi (telpon maupun fax), apalagi ke depan biaya telpon akan mengalami kenaikan yang cukup besar.
Kriteria Kesuksesan RM Wong Solo
Kriteria kesuksesan bagi RM Wong Solo bukanlah terbatas pada pencapaian materi semata, . tetapi beruntung dan mendapat petunjuk dari Tuhan karena ketaqwaannya. Dengan kriteria kesuksesan seperti itu maka keberhasilan Wong Solo dalam usahanya adalah tercapainya tujuan, yaitu usaha yang maju dan islami dalam rangka jihad di jalan Allah , serta terhindarnya insan Wong Solo dari azab yang pedih, serta bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.
Kriteria kesuksesan seperti diyakini RM Wong Solo tersebut relevan dengan kriteria muknin yang sukses sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Al Mukminun ayat 1-9.
" Sungguh bahagia orang-orang mukmin yaitu orang-orang yang khusuk dalam sholat mereka, dan orang yang berpaling dari pekerjaan sia-sia, dan orang yang menunaikan zakat, dan orang - orang yang menjaga diri (kemaluannya) kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tidak tercela. Barang siapa yang mencari dibalik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang memelihara amanah-amanah dan janji-janjinya, dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, yakni yang akan mewarisi sorga
Ayat di atas secara gamblang menjelaskan kriteria kesuksesan seorang mukmin yang dirumuskan dalam poin-poin berikut :
BalasHapusFi Sholatihim Khosyiuun ( Orang khusuk dalam sholatnya )
Sholat merupakan sarana komunikasi seorang hamba dengan tuhannya, tempat mengadu dan memohon harapan, jalur mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yang dapat memberikan jalan bagi setiap problema kehidupan. Takbiratul Ihram tanda pembuka, menyingkirkan segala goda karena berhadapan dengan yang Maha Kuasa, lidah membaca doa hati meraba makna. Dengan itu diharapkan jalan kesuksesan terbuka bagi seorang hamba.
Wa anil laghwi mu'riduun ( Menjauhkan diri dari perbuatan Lagha)
Setiap hari rajin beramal shaleh, berbuat baik terhadap sesama, dengan keluarga, jiran dan lingkungannya. Waktu-waktunya diatur dengan disiplin, tidak berlalu dengan hampa tak bermakna. Tapi diisi penuh dengan kreatifitas dalam rangka mengabdikan diri kepada Sang Penciptanya.
Lizzakati Failun ( Mengeluarkan Zakat )
Mukmin yang memiliki ciri sukses sangat merasa bahwa apa yang dinikmati dalam hidupnya merupakan pemberian dan rahmat Allah SWT. Ia sadar ketika lahir kedunia tidak membawa apa-apa. Karena itu mukmin yang sukses tidak pernah membuat perhitungan kalau memang disuruh bersukur, gemar menyisihkan hartanya sebagai budaya diri, hartanya dizakati, infak diberikan dan sedekah diperhartikan.
Li amanatihim wa ahdihim raun ( Memegang Amanah dan Menepati Janji )
Dalam dirinya terpantul nilai amanah, sangat berhati-hati terhadap kepercayaan yang diberi. Dalam dirinya terekam bahwa Allah mengetahui apapun yang terjadi sedikit banyak diwaktu siang maupun malam hari. Tidak ada satupun yang tersembunyi bagi zat yang Maha Tinggi. Dia penuhi segala janji dan tidak pernah ia pungkiri.
Li Furujihim Hafizuun ( Memelihara Frajnya )
Nafsunya dipelihara, terkontrol tidak berbuat yang salah. Tidak pernah menempuh jalan ilegal tanpa prosedur lewat akad nikah. Selain mampu meredam nafsu melawan rayuan setan di dalam kalbu, juga mengupayakan menegakkan nilai-nilai moral sejauh kemampuan yang ada pada dirinya.
Pada sisi lain dalam surat Asy-Syams : 8 Allah SWT menjelaskan bahwa usaha manusia di jalankan dalam dua landasan berfikir. Ada yang dijalankan dengan landasan ketaqwaan, dan ada yang dijalankan dengan landasan kejahatan, yang secara singkat dapat dilihat dalam diagram berikut :
Menurut pandangan islam seseorang atau kelompok orang disebut sukses adalah orang yang menjalankan usaha atau aktifitasnya sehari-hari dengan landasan ketakwaan. Sedangkan usaha yang dijalankan bukan dengan landasan itu meskipun memperoleh hasil dan kekuasaan yang cukup banyak dan tinggi tetap dikategorikan sebagai tidak sukses. RM Wong Solo senantiasa berupaya menetapi aktivitasnya sehari-hari dengan landasan ketaqwaan.
Jadi tujuan sukses insan RM Wong Solo yaitu usaha profesional yang maju dan dalam rangka terhindarnya insan RM Wong Solo dari azab yang pedih bermanfaat bagi keluarga masyarakat serta sukses dunia dan akhirat.
Posting Komentar