Es Goyobod khas Garut ada di waroeng rest-OE

Nikmati Es Goyobod Asli Garut yang hadir di sini

Jakarta - kulinerkuliner.com
Bila Anda ingin mencoba kesegaran manis dari Es Goyobot khas Garut, kini ada di waroeng rest-OE Kalimalang. Anda tertarik untuk mencicipinya? Atau ingin tahu bagaimana membuatnya?

Berikut ini kisah singkat tentang Es Goyobod asli Garut yang bisa didapat dari liputan wartawan Warta Kota, Bataviase.co.id

Kalau ke Garut, Cicipi Es Goyobod

Minuman tradisonal asal Garut yang bernama es goyobod memang bikin kangen. Pernah mencoba untuk pertama kalinya tahun 1996, Warta Kota belum lama ini mencobanya lagi.

Pada pokoknya, jangan sampai melewatkan jajanan khas tanah Priangan ini jika berada di Kabupaten Garut. Meski warna nya tidak terlalu menarik, tapi es yang bahan dasarnya dibuat dari saripati pohon aren (biasa disebut aci) ini punya cita rasa yang unik. Bukan hanya ada rasa manis, tetapi rasa gurih dari adonan saripati aren sangat terasa.

Bukan hanya untuk menggelontor rasa dahaga di tenggorokan, cita rasa manis gurih dalam es goyobod bikin lldali Ingin terus mencecapnya. Bisa Jadi, minum satu gelas akan terasa kurang.Jajanan tradisional yang sederhana ini Juga diolah dengan campuran buah alpukat, potongan roti tawar, pacar cina, kelapa muda, dan kolang-kaling, ditambah sedikit susu kental manis. Jadi, muncul juga rasa yang bermacam- macam.

Terkenalnya es goyobod menjadi bahasan di sejumlah blog penyuka kuliner. Berbagai macam komentar muncul. Yang jelas, minuman ini selalu menjadi buruan ketika berkunjung ke Kota Garut.

"Pokoknya Jangan lupa kalau ke Garut, cari dan nikmati es goyobod yang asli dan mak nyus ini," ungkap salah seorang blogger penyuka kuliner.

"Kalau dibilang apa yang khas di Garut, ya ini. Karena, kalau masakan sunda semua kan hampir mirip. Apalagi lalapan dan sambal. Ini masuk ke jenis minuman tradisional, karena awalnya dari Garut.

Meski di sejumlah daerah lain, seperti Bandung, Tasikmalaya, dan Ciamis, bahkan Banjar, ada juga yang jual es ini. Tapi mungkin sudah ada perbedaan sedikit dalam rasa. Karena ada yang sudah tidak pakai saripati atau aci aren, tetapi diganti tepung kue," tutur Mang Apin, penjual es goyobod di Alun-alun Garut kepada  Warta Kola belum lama ini.

Ia merupakan keturunan ketiga penjual es goyobod setelah kakek dan ayahnya.Soal adanya sedikit perubahan cita rasa es goyobod belakangan ini, Apin menilainya wajar-wajar saja. Karena, tidak Jarang orang memang suka berkreasi dengan makanan dan minuman tradisional. Bahkan, lanjut Apin, model adonan es goyobod pun ada yang sudah dicampur berbagai jenis buah, salah satu contohnya yang disajikan di restoran dan hotel.

Tidak tergantikan
Menurut Apin, untuk tetap mendapatkan cita rasa es goyobod asli Garut Ini, salah satu yang harus dipertahankan adalah penggunaan saripati atau aci aren.

"Itu yang bikin perbedaan rasanya. Gurih dan manisnya adalah paduan dari aci aren, kelapa, dan manis dari gula serta susu," kata Apin, yang sudah mempertahankan usaha es goyobod keluarga hampir 30 tahun.

Adonan aci aren Ini memang tidak tergantikan. Rasa gurih yang muncul ketika mengunyah aci aren Itu di mulut, terasa halus dan muncullah rasa gurih nan nikmat.Ini berbeda ketika mengunyah adonan tepung kue atau kanji sebagai penggantinya. Menurut Apin, rasa gurih itu tidak sekuat dan sekental aci aren. "Jika ingin merasakan tetap yang asli, aci aren memang belum bisa tergantikan. Hanya saja, sekarang mungkin agak sulit cari aci aren. Di pasar kampung pun mulai jarang. Kalau ada dan butuh banyak, harus pesan dulu," katanya, (eel - wartakota bataviase.co.id)
redaksi : Sidik Rizal (dan disarikan dari berbagai sumber)

Resep Es Goyobod (Asli dan Modifikasi)

Es Goyobod
Es campur ini rasanya seunik namanya, punya ciri khas adonan hunkue atau kanji yang dipotong-potong.
Rasanya yang kenyal gurih saat berpadu dengan alpukat dan kelapa muda jadi makin enak saja.
Pas banget deh untuk dijadikan hidangan penutup sewaktu buka Puasa, seluruh keluarga pasti suka !


Bahan-Bahan :
100  ml sirop gula
sendok makan pacar cina, rebus
100  gram alpukat, keruk dagingnya
150  gram daging buah kelapa muda, keruk halus
200  ml santan
100  ml susu kental manis NESTLE®cap Nona Es serut

Bahan  adonan hunkue:
100  gram tepung hunkue
600  ml santan encer

Cara Mengolah :
Membuat Hunkue:
1. Buat adonan hunkue dari 100 gram tepung hunkue dengan 600 ml santan encer, panaskan dengan api kecil aduk merata hingga mengental.
2. Tuang adonan ke dalam cetakan dan dinginkan.
3. Potong-potong hunkue yang sudah dingin.

Penyajian Es Goyobod:
1. Tuang sirop dalam gelas saji, isikan dengan potongan hunkue, pacar cina, alpukat dan kelapa muda.
2. Tuangi santan, beri roti tawar dan es serut.
3. Beri susu kental manis.
4. Sajikan.

Tips:
- Selain tepung hunkue bisa dipakai tepung sagu aren untuk mendapatkan rasa kenyal yang enak.
- Santan yang dipakai adalah santan yang diperas dari kelapa parut dengan air masak, bukan santan yang direbus sehingga rasanya lebih gurih


Informasi Nutrisi:
Kalori: 258 kaloi
Protein: 2,77 gram
Lemak: 7,79 gram
Serat: 2,3 gram
Karbohidrat: 45,17 gram

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama